Penyakit demam berdarah merupakan satu penyakit yang tidak mengenal musim dan dapat datang menyerang siapa saja. Nyamuk demam berdarah yaitu Aedes aegypti merupakan nyamuk yang membawa virus dengue bukan merupakan nyamuk usiman yang harus menunggu datangnya musim kemarau untuk dapat berkembang biak dan menyebarkan penyakit. Rasanya setiap individu tahu bagaimana demam berdarah menjadi satu jenis penyakit yang sangat dihindari oleh berbagai individu. Menghindari satu gigitan dari jenis nyamuk ini memang terdengar mudah namun tetap ada saja yang tergigit.

Telur dari nyamuk penyebab demam berdarah ini sangat mudah berkembang biak. Cukup hanya dengan air bersih yang hanya setetes maka telur dapat segera berkembang menjadi larva. Begitu telur menyentuh air, maka telur akan dapat segera menuntaskan siklus hidupnya yaitu dengan menjadi larva sebelum kemudian berubah menjadi nyamuk. Dalam bertelur, nyamuk betina aka membutuhkan darah manusia agar telur-telur yang ia miliki matang. Ada begitu banyak tempat di dalam satu rumah dan lingkungan sekitar yang akan sangat ideal untuk nyamuk berkembang biak dan sebaiknya ini diperhatikan.

Nyamuk merupakan satu serangga yang menyukai tempat-tempat lembab dan juga gelap seperti celah yang sempit antara satu lemari dengan dinding. Ini merupakan tempat ideal bagi nyamuk termasuk nyamuk demam berdarah untuk berdiam diri. Nyamuk juga seringkali mengincar tempat-tempat seperti kloset ataupun bak mandi yang tidak terpakai. Tangki air atau tempat penampungan air lainnya yang tidak terpakai juga menjadi tempat ideal bagi nyamuk. Rajin-rajinlah untuk membersihka tempat penampungan air seperti halnya tempat menampung air kulkas ataupun air dari dispenser.

Membersihkan bak mandi secara rutin sudah tentu menjadi kegiatan yang disarankan. Cuci dan sikat bak mandi setiap ada bintik hitam terlihat. Ingat bahwa dinding bak mandi harus disikat untuk menyingkirkan telur dan larva nyamuk. Beri larvasida satu sendok saja untuk 100 liter air. Tutup gayung yang sudah dipakai agar tidak terdapat genangan air. Kloset hendaknya ditutp apabila bepergian cukup lama. Jangan pernah menggantung pakaian untuk waktu yang lama karena nyamuk sangat menyukai bau dari keringat manusia yang te4rtinggal pada pakaian.

Membersihkan halaman rumah juga harus diperhatikan. Contohnya adalah memeriksa pot tanaman ataupun daun dan bagian tanaman lain yang mungkin tergenang air. Genangan air harus segera dikeringkan. Jika di halaman terdapat kolam meskipun hanyalah kolan kecil, peliharalah satu atau dua ekor ikan yang akan memangsa larva nyamuk tersebut. Nyamuk demam berdarah akan dengan mudah diatasi jika setiap individu mampu mengikuti langkah-langkah pencegahan terhadap nyamuk tersebut. Satu tips lain yang dapat ditiru adalah menanam beberapa tanaman yang dibenci nyamuk seperti bunga lavender.